Rabu, 07 Desember 2011

OPTIMALISASI PENJADWALAN PROYEK PADA PEMBANGUNAN GEDUNG KHUSUS (LABORATORIUM) STASIUN KARANTINA IKAN KELAS 1 TANJUNG MAS SEMARANG

ABSTRAK
Aryo Andri Nugroho. 4150403538. Optimalisasi Penjadwalan ProyekPada Pembangunan Gedung Khusus (Laboratorium) Stasiun Karantina Ikan Kelas1 Tanjung Mas Semarang. Skripsi Program Studi Matematika Jurusan MatematikaFMIPA Universitas Negeri Semarang.
Bagian terpenting dalam keberhasilan pengembangan penerapan risetoperasi adalah kemajuan yang terjadi dalam bidang teknologi, khususnyakomputer. Dengan teknologi komputer dapat digunakan sebagai alat bantu untukmenyelesaikan permasalahan matematika supaya menjadi lebih mudahpenyelesaiannya. Dalam mengestimasi waktu dan biaya dalam sebuah proyekmaka diperlukan optimalisasi yang biasanya dilakukan untuk mengoptimalkansumber daya yang ada serta meminimalkan kendala namun tetap mendapatkanhasil yang optimal.
Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana cara menentukanlintasan kritis dan nilai optimum pada penjadwalan proyek gedung stasiunkarantina ikan kelas 1 Tanjung Mas Semarang dengan menggunakan metodePERT-CPM dan bagaimana cara menentukan lintasan kritis dan nilai optimumpada penjadwalan proyek dengan program Excel. Tujuan dari penelitian ini untukmengetahui cara menentukan lintasan kritis dengan menggunakan metode PERTCPMpada penjadwalan proyek pembangunan gedung stasiun karantina ikan kelas1 Tanjung Mas Semarang dan untuk mengetahui penggunaan program Exceldalam menentukan lintasan kritis.
Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data time shedule dari PTMUNICA PRATAMA GROUP yang menangani pembangunan gedung khusus (laboratorium) dan sarana prasarana lingkungan gedung stasiun karantina ikan kelas 1 Tanjung Mas Semarang. Dari data tersebut dapat dihitung lintasan kritisnya dengan menggunakan metode PERT-CPM dan program Excel. Pada metode PERT-CPM tahap-tahap penyelesaiannya yaitu menyusun rencana kegiatan, menyusun network, menentukan perhitungan maju dan mundur menentukan perhitungan kelonggaran waktu dan pada Program Excel tahap-tahap penyelesaiannya yaitu menyusun rencana kegiatan, menyusun network, menyusun model matematika dan mengaplikasikan model matematika tersebut ke dalam program Excel. Hasil perhitungan penjadwalan proyek pembangunan gedung stasiun karantina ikan kelas 1 Tanjung Mas Semarang dengan Metode PERT-CPM dan Excel membutuhkan waktu 144 hari dengan biaya Rp.606.360.753,00 sedangkan perhitungan yang dilakukan PT MUNICA PRATAMA GROUP membutuhkan waktu 150 hari dengan biaya Rp.616.634.000,00 sehingga dapat menghemat waktu 6 hari dan biaya sebesar Rp.10.273.247,00. Saran untuk PT MUNICA PRATAMA GROUP adalah agar mempertimbangkan untuk menggunakan Metode PERT-CPM dan Excel dalam membuat penjadwalan proyek agar lebih menghemat waktu dan biaya dan untuk peneliti lain disarankan agar sejelas mungkin dalam membuat daftar rencana kegiatan, network, model matematika dan mengaplikasikannya dalam Excel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar